Berikut adalah ringkasan mengenai topik-topik yang dibahas pada webinar Power Pro Hotel System Master Academia kemarin:
Memahami Room Status dan Legends:
Memahami dan mengelola Room Status secara akurat dan tepat waktu sangat penting karena secara langsung memengaruhi operasional hotel.
Room Status harus dipahami juga dampaknya terhadap Room Inventory.
Out of Service (OOS) digunakan untuk perbaikan singkat dan tidak mengurangi Room Inventory.
Out of Inventory (OOI) menandakan bahwa kamar sedang digunakan untuk keperluan internal, seperti ruang kantor atau penyimpanan, dan mengurangi Room Inventory.
Out of Order (OOO) menunjukkan kamar yang rusak yang memerlukan perbaikan lebih ekstensif. Kamar OOO dihapus dari Room Inventory. Menetapkan target tanggal penyelesaian untuk perbaikan ini sangat penting.
Legends adalah tools yang bisa digunakan sebagai alat komunikasi untuk menunjukkan kondisi kamar tertentu antara departemen yang berbeda.
Penggunaan Legends membantu meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar departemen
Contoh Legends meliputi No Luggage, DND, Sleep Out, Refuse Service, Double Lock.
Housekeeping Task Assignment:
Memanfaatkan Room Point Values pada setiap kamar berdasarkan faktor-faktor seperti ukuran, fasilitas, dan kompleksitas pembersihan.
Supervisor secara strategis memberikan Task Assignment kamar berdasarkan tingkat keterampilan, menugaskan staf berpengalaman ke kamar-kamar prioritas tinggi.
Supervisor bisa membuat Daily Assignment dari malam sebelumnya sehingga ketika esok paginya team bisa langsung melaksanakan tugasnya.
Fitur-fitur ini bisa digunakan untuk membantu mendistribusikan beban kerja secara merata.
Manajemen Inventory menggunakan Housekeeping Worksheet:
Fitur Housekeeping Worksheet bisa digunakan untuk mencatat penggunaan amenities (shampoo, sabun, losion, kopi, dll) dan perlengkapan (kertas toilet, tisu, produk pembersih, dll) tamu. Fitur ini memungkinkan manajemen Inventory dan memastikan ketersediaan stok yang lebih baik.
Hotel juga dapat menggunakan fitur "faktor" untuk mengestimasi stok barang yang dibutuhkan berdasarkan data historis sebelumnya.
Mengelola Lost & Found and Borrowed Items:
Versi terbaru Power Pro membedakan antara item Lost & Found. Lost Mengacu pada barang-barang yang hilang oleh tamu di dalam area hotel. Ini biasanya dicatat ketika seorang tamu melaporkan barang yang hilang. Found mengacu pada barang-barang yang ditemukan oleh staf hotel di dalam hotel.
Fitur Borrowed Items memungkinkan hotel untuk mencatat barang-barang yang dipinjamkan kepada tamu. Sistem memberikan pengingat saat check-out jika tamu belum mengembalikan barang pinjaman.
Memaksimalkan fitur ini untuk pencatatan dpat meningkatkan kepuasan tamu dan mengurangi potensi kerugian.
Jadwal Close Section Schedule:
Fitur ini digunakan agar hotel dapat menutup sementara seluruh lantai atau sebagian area hotel berdasarkan level occupancy. Fitur ini bermanfaat terutama pada saat low season.
Recommended Reports by Power Pro:
Housekeeping Assignment Report: Menunjukkan distribusi beban kerja di antara room attendant. Memungkinkan Anda untuk memverifikasi bahwa penugasan seimbang berdasarkan room point values dan tingkat keterampilan.
Summary Housekeeping Report: Summary dari Housekeeping Worksheet untuk mengidentifikasi penggunaan amenities dan perlengkapan selama periode tertentu. Membantu Anda mengidentifikasi pola konsumsi, melacak tingkat inventory, dan mengidentifikasi potensi area pemborosan
Borrowed Item Report: Melacak status item yang dipinjam oleh tamu, mengetahui item apa yang sering dipinjam, ketersediaan item untuk dipinjam, dll.
Request Report: berfungsi sebagai catatan permintaan perbaikan atau maintenance kamar. Permintaan ini dapat berasal dari berbagai departemen dan sangat penting untuk menjaga kualitas dan fungsionalitas fasilitas hotel. Laporan ini digunakan untuk mencatat setiap kerusakan dan mengkomunikasikannya dengan Engineering Department.
Sekian rangkuman webinar kemarin, semoga pengetahuan dan tips-tips Best Practice yang kami share dapat bermanfaat untuk teman-teman Hoteliers semuanya! See you on the next MASTER ACADEMIA!
Коментари