top of page

QnA Master Academia Batch #4: Best Practice for Year-End Closing

  1. Pak gmn cara memastikan sales report dgn POS karena terkadang angka nya ga sama? Untuk memastikan Daily Sales Report vs Revenue Report POS sama, pastikan proses Close Meal Periode yang berjalan di Outlet dilakukan sesuai dengan periode yang berlaku, terutama saat proses pergantingan meal periode dari Dinner ke Supper / Breakfast.


    Apabila proses close meal terlambat atau mengalami kendala, Ibu bisa melakukan Import Close Meal untuk memanggil revenue langsung dari POS dengan cara buka menu Income | POS | Pilih Outletnya | Klik Report | Klik Import All.


    Setelah prosesnya selesai, Ibu bisa Recalculate kembali Incomenya diperiode tersebut.

  2. Apa itu fungsi Shift audit? Fungsi Shift Audit yaitu melakukan close atau penutupan shift pada front office department, tujuannya adalah menutup data transaksi agar bisa tercatat dimasing-masing shiftnya pada department Front Office.


    Biasa digunakan untuk Shift#1 yaitu dari jam 7 pagi hingga jam 3 sore, Shift#2 dari jam 3 sampai jam 11 malam, dan Shift#3 dilakukan jam 11 malam sampai Running Night Audit.


    Hal ini boleh dilakukan oleh 1 user dalam 1 shift saja, apabila dalam 1 shift ada 2 User yang aktif maka cukup 1 user saja yang melakukan Close Shift.


    Untuk closing Shift audit bisa ke button Audit (Diatas button Cashier) | Shift Audit | Proces.

  3. Ketika ada adjustment income dan data sudah kita export GL, maka angka yang sdh kita set akan hilang jika ada seseorang yang menekan delete. apakah data bisa kita kembalikan sesuai adjustment sebelumnya? Untuk data Adjusment manual yang hilang karena terdelete tidak bisa dikembalikan lagi ya Pak.


    Bapak bisa melakukan pengisian Adjusment kembali dengan data supporting yang sudah ter export ke GL melalui report *Detail Ledger Report*.

  4. Pak, kenapa item yang ada di list physical adjusment worksheet tidak dapat dihapus ya ?

    Untuk data Adjusment manual yang hilang karena terdelete tidak bisa dikembalikan lagi ya Pak.


    Bapak bisa melakukan pengisian Adjusment kembali dengan data supporting yang sudah ter export ke GL melalui report Detail Ledger Report.

  5. Time closing untuk PowerPro INV untuk PR/ML/SR mohon d jelaskan langka di PowerPro INV apakah secara otomatis atau bagaimana?

    Untuk closing transaksi PR/ML/SR sebenarnya masih dalam tahap dept/user, pihak akunting hanya fokus ke step PO sampai dengan receiving, dan untuk SR akan difilter lagi melalui modul issuing.

    Jadi langkah untuk closing dari yang tepat adalah semua transaksi Receiving & Issuing daily basic. Pada akhir bulan baru akan dikerjakan Stock Opname..

  6. Apabila sdh melakukan daily closing Ap Ar Inv kemudian unit mau mundur tgl siapakan yg bisa mundur tgl .. apakah dari Ca Unit nya apakah dari IT Pusat sebaiknya.

    Jika sudah melakukan Daily Closing AP, AR, INV kemudian ada perbaikan di tanggal/periode sebelumnya bisa melakukan Back Date/ Back Periode.

    Untuk User yang bisa melakukan Back Date itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari Hotel sendiri, Bisa dari CA unit maupun IT Pusat


    Dan untuk Step Back Date/Back Periode dari module diatas bisa lakukan step dibawah ini ;

    1.) AP | Tools | Parameter Setup | A/P Configuration | A/P System Date

    2.) AR | Tools | Parameter Setup | A/R Configuration | System Date

    3.) INV| Tools | Parameter Setup | Inventory | Inventory Date

    4.) GL | Tools | Parameter Setup | Configuration | Change Period

  7. Selamat malam PP teams, boleh Tanya mengapa modul PO , sdh direalease pch tdk bs di reopen? krn terkadang ada perubahan item barang / harga tdk bs dikoreksi & harus create PR & PO baru

    Apabila Purchase Order sudah di release, maka tidak bisa di reopen kembali. Karena pada dasarnya Purchase Order yang di release menandakan dokumen tersebut sudah valid dan sudah melewati proses approval dari Management.


    Jika ada perubahan seperti item / harga setelah melalui proses Approval, maka dokumen dianggap tidak valid dan harus diajukan kembali ke Management dengan Item & Harga yang sebenarnya.


    Untuk case diatas, sebaiknya Purchase Order tersebut di ubah statusnya menjadi Expired (Double klik PO yang dituju | Klik kanan | Pilih Expired). Selanjutnya dibuatkan kembali dokumen Purchase Request yang baru dengan item & harga yang terupdate.

  8. Sering kali saya setiap closing ada discrepancy dari transaksi card, bagaimana pak biar mastiin agar tidak ada discrepancy card? kalau invoive yg sudah masuk ke AR tidak sesuai company nya apakah bisa di ubah di AR? dan untuk transaksi card apa bisa di fo dibuatkan 1 pilihan saja misalnya masuk ke bri, nah untuk penyesuaian fee nya spt debit,visa,master dll dilakukan hanya di AR saja? apakah tidak akan discrepancy dari sisi income dan card di AR nya? Mencari selisih/discrepancy pada transaksi card bisa dilakukan compare data Income dengan AR, yaitu dengan cara check perhari total credit card yang ada di Income lalu bandingkan dengan total credit card yang ada di AR. Karena kemungkinan bisa terjadi adanya credit card yang belum masuk ke dalam program AR, atau bisa saja terjadi selisih dikarenakan adanya journal manual pada Chart of Account Credit Card.


    Invoice yang sudah masuk ke dalam program AR masih bisa dirubah pada Invoice Entry, namun hanya bisa dirubah apabila type company tersebut sama. Apabila tidak sama maka tidak bisa dirubah, namun bisa disarankan untuk koreksi dari department front office.

  9. Kenapa ya pak pada saat closing GL sdh aman ,kemudian ada yg dikoreksi pas di open post pas kita buka worksheet balance sheet angka yg sudah balance sebelumnya kembali discrepancy setelah kita back date? Apabila ada lakukan backdate pastikan pada saat Open All Transaction dilakukan, wajib lakukan Recalculate This Month Transaction dengan cara klik kanan pada Open All Transactionnya. Discrepancy yang terjadi biasanya hanya pada Current Earning karena lakukan backdate dan belum melakukan recalculate.

  10. Mohon ijin bertanya, langkah - langkah yang mesti di lakukan pada night audit pada saat end of day modul fo? Untuk Step Night Audit bisa klik tombol Night Audit pada module PowerFO, dan bisa mengikuti step-stepnya


    Untuk Step nya sebagai berikut;

    - Pastikan pada module FO sudah Shift 2

    - Cek No Show, Extend & Closed Transaction

    - Print or PDF Pre Posting Audit Report dan Room Count Sheet report

    (Pastikan angka total Credit pada Pre Posting sama dengan Total Summary Room Count Sheet)

    - Room Posting

    - Close Shift Audit 3

    - Print or PDF report dari Expected Arrival List sampai Detail Night Audit Report sebagai data pendukung

    (Untuk report pendukung yang ada di button Audit bisa di sesuaikan dengan kebutuhan hotel masing-masing)

    - Transfer City Ledger & Commission

    - Statistic Update

    - Change Date

    - Print or PDF Register Audit Report & Daily Sales Report setelah Change Date

    - Transfer folio to History


  11. Saat proses closing/end of day/recreate system berat dan keluar pop up error itu kenapa ya?

    Terkait dengan case tersebut, ada beberapa faktor yang menyebabkan proses recreate data menjadi berat.


    Pastikan untuk selalu melakukan maintenance database secara berkala yang dilakukan oleh Team IT Hotel & Power Pro.

    Selanjutnya terkait dengan Server yang digunakan, pastikan untuk selalu menggunakan spesifikasi Server yang Power Pro rekomendasikan untuk hotel Bapak / Ibu disana.

    Dan yang tidak kalah penting adalah koneksi, pastikan koneksi jaringan dalam keadaan yang stabil saat digunakan.


    Apabila Bapak / Ibu mengalami error saat recreate data, system akan memberikan informasi penyebab error tersebut. Seperti Account/Cost Center/Dept yang belum di mapping.

  12. Untuk koreksi negative (jika ada) ketika month end closing process dari Power Inv dari Issuing ya Pak?

    Mungkin maksud bapak ada pengurangan stock, untuk pengurangan stocknya (negative) itu bisa dilakukan pada Physical Adjustment dan untuk issuing kita menyarankan digunakan apabila ada request pengambilan barang dari gudang yang dasarnya dari Store Request. Jadi untuk koreksi bisa dilakukan pada Physical Adjustment.

  13. Bagaimana caranya agar tidak terjadi gantung bill dalam system POS? Untuk Bill yang masih menggantung bisa di payment sesuai dengan pembayarannya pak, bisa pakai Cash, Credit Card, Charge to Room ataupun House Use

  14. Apa yang harus disiapkan untuk closing di akhir tahun bagi Front Office (FO)?

    Apakah closingan akhir tahun sama seperti closingan seperti biasanya ?

    Dan untuk Food & Beverages (F&B) closing seperti biasanya untuk di akhir tahun ? Karena saya baru menggunakan system power pro

    Untuk Closing FO dan POS pada saat akhir tahun sama seperti closing daily / Closing seperti biasanya. Untuk Closing FO menggunakan Night Audit & untuk Closing FB/POS menggunakan Close Meal.

  15. Pak , Register audit itu sama dengan house di FO modul gak ?

    Lebih tepatnya berisi list tamu-tamu dari type Individual, Group, maupun House Folio yang masih mempunyai balance.

  16. Terkadang setelah running terjadi discrepancy pada income audit lebih dari 500.000 . dan setelah di mundurin tanggal pada discrepancy nya baru balance pak. itu biasa nya kedala nya apa ya pak. ? terimakasih

    Biasa ini terjadi dikarenakan ada tanggal sebelumnya yang belum balance dari hasil category baru yang belum tersetup pada lay out income, jadi wajib di recalculate ditanggal sebelumnya dimana ada transaksi baru tersebut. Hal ini berpengaruh ke tanggal selanjutnya apabila ditanggal yang bermasalah ada discrepancy, ketika sudah balance pun wajib direcalculate ke tanggal berikutnya agar berpengaruh.

  17. Di register audit kan ada status Confirm, Guaranteed dan in house? perbedaanya di antara ketiganya apa ya pak?

    Confirm adalah status reservasi tamu yang sudah booking dan sudah pasti kedatangannya namun belum ada deposit. Guaranteed adalah status reservasi tamu yang sudah booking dan sudah pasti kedatangannya yang mempunyai deposit. In House adalah status tamu yang menginap.

  18. Apakah depreciation asset it jika sblmnya tidak aktif digunakan Dan sekarang mau akifkan apakah harus diisi Dari asset hotel pertama Kali atau tinggal lanjutkan sesuai bulan berjalan? karena sebelumnya kami menggunakan journal manual utk depresiasi asset yang kami buatkan sendiri di excel

    Apabila Fix Asset ini mau diaktifkan dipertengahan periode seperti ini, maka bisa di input sesuai periode yang sedang berjalan dengan nominal angka yang full namun angkanya bisa di adjust dengan menggunakan feature disposal agar nilai depresiasinya yang berjalan hanya sisanya saja.


    Jadi tidak perlu menginput mundur dari hotel pertama kali Live atau Opening.

  19. maksudnya saat chasir melakukan close meal/closing harian jika masih ada bill yang gantung di system POS tidak bisa di lakukan closing harian karena masih ada bill yang gantung di system POS nya pak, apakah bisa seperti itu? Untuk memproteksi agar tidak bisa change date di POS saat masih ada bill gantung bisa dilakukan ya Pak. Untuk setupnya bapak bisa menghubungi Team Support kami untuk selanjutnya kami bantu konfigurasikan.

  20. pak saya tiap mau trasnfer to GL cek layout test, apa memang pakai cara tersebut?

    Fungsi dari layout test sendiri berfungsi untuk melakukan validasi terhadap laporan yang terbentuk di laporan Daily Sales Report. Seperti halnya ada cattegory yang belum termapping atau bahkan ada double mapping.


    Sehingga apabila proses pengecekan tersebut dilakukan sebelum Export data ke GL, maka prosesnya sudah benar. Kami menyarankan Ibu untuk tetap melakukan pengecekan pada feature "Layout Test" secara berkala ya bu.

  21. Pak, gimana cara ambil revenue bqt /event ya ? baik itu fullday atau pun resmet. dan sudah terbreakdown.

    Secara standard bisa dicheck pada Income > Pilih Tanggal transaksi > Lalu double klik nama Banquet Revenue disana maka akan terlihat detail dari revenue banquet.


    Atau biasanya dibuatkan report sesuai dengan keinginan agar bisa langsung terperview sesuai periode tertentu atau sesuai keinginan.

  22. Selamat malam pak, ijin bertanya terkait proses export asset baru dari power inventory ke GL agar tidak salah tipe , contoh seperti pembelian finger print seharusnya masuk ke electrical mechanical namun masuknya ke building. apabila terjadi hal tersebut masih bisa di koreksi kah pak?

    Jika Asset salah Type bisa di koreksi dari Receiving pada PowerINV nya


    Bisa lakukan Koreksi dari Receiving nya dengan cara Copy reverse | Lalu Recreate ulang Assetnya


  23. Kenapa ya kalau kita cek harian untuk revenue room statistik tidak sama dengan di revenue room di DRR.


    pada saat cek daily flash food juga tiap hari sudah di input manual u angka breakfast hari berikutnya sering berbeda sehingga harus ganti kembali . nah apabila daily closing kemudian angka nya berubah trus bagaimana ya...

    Statistic dan DRR mempunyai settingan yang berbeda, perbedaan ini biasa terjadi karena ada settingan category yang flag room revenuenya tidak sama dengan layout di Income. Hal ini bisa dibantu check oleh team support kita untuk lakukan pengecheckan settingan category lebih dalam.


    Apabila sudah lakukan penginputan manual revenue breakfast pada laporan Daily Flash, tak perlu ada process import from sales lagi. Karena apabila lakukan Import from sales maka angka revenue akan terupdate/replace berdasarkan data dari MyPOS.

  24. Misalnya nih di fo hanya dibuatkan 1 tipe card dgn masing² bank di cashier-credit-pilihannya hanya ada 1 tipe dari masing2 bank misalnya ada 3 bank bni, mandiri, bca jd mereka hny post ke bni, mandiri,bca itu meskipun itu jenis kartu debit,visa,master.. nanti dari AR di sesuaikan ke tipe jenis krtu nya masing2 gt pak, nah dari income nya berarti totalannya akan digabung ya debit visa master nya hanya ke 1 wadah gt ya, sementara di AR kan akan pisah2 ya pak sesuai jenis kartu nya, (visa,debit,other, dll) nah itu apakah akan jadi discrepancy? jd di income nya totalan semua jenis krtu sedangkan di ar total dari masing² tipe jenis kartu

    Terkait dengan case tersebut, kami menyarankan agar metode payment yang tersedia di PowerFO dibuat sesuai dengan payment yang berlaku di hotel, apabila hotel memiliki kerjasama dengan beberapa Bank maka semua Bank tersebut harus dibuatkan cattegory paymentnya.


    Untuk jenis cattegory payment card sendiri idealnya adalah 1 cattegory untuk 1 Bank provider dan 1 type kartu saja, contoh BCA - Debit Card, BCA - Master Card, BCA - Visa Card dll.


    Mengapa hal ini perlu dilakukan, karena pada dasarnya setiap Type Card (Visa,Master,Debit) memiliki nilai charge admin yang berbeda", sehingga apabila dibuat terpisah maka hal ini akan memudahkan Ibu dalam melakukan proses reconcile Card sesuai dengan yang masuk ke rekening koran.

  25. Kenapa kalau kita tarik report Ap aging dengan ap mutation sering tidak sama angka total nya, begitu juga Ar aging dengan Ar mutation kalau tarik nya perhari berbeda..

    Penyebab tidak sama angka Aging vs Mutation adalah karena adanya Adjsument atau Applied Deposit yang belum di release. Oleh sebab itu kami selalu menyarankan untuk melakukan proses end of day secara berkala agar bisa ter mention dokumen mana saja yang Adjusment & Applied Depositnya terlewat di release oleh User.

  26. Langkah closing salah satu nya jurnal entry di GL, accrued, payroll, prepaid dll, yang kadang angkanyya sama, memungkinkan tdk, jika bisa mengulang/men-copy/mengimport jurnal bulan lalu, ke bulan skrang, sehingga tdk perlu entry lagi

    Terkait dengan pertanayaan tesebut, Bapak / Ibu bisa menggunakan feature Recurring yang sudah tersedia pada module GL | Transaction | Recurring Transaction. Selanjutnya Bapak / Ibu bisa klik New Transaction | Pilih Journal Code | Isi periode bulan & tahun dimulainya jurnal tersebut | Isi berapa bulan jurnal tersebut akan diposting | Isi Document & Note | Apply. Baru setelah itu buat 1 jurnal debit & kredit yang akan terposting senilai angka yang sama di setiap bulannya.

  27. Apakah bisa kesalahan tertentu di warning sistem, seperti muncul nilai persedian di inventory bernilai minus?

    Hal ini tentunya sudah ada settingannya agar stock pada system tidak bisa minus, dan warning system sudah ada pada tampilan Negative yang bisa diakses pada Process End of Day.

  28. Apakah bisa melihat discrepancy dr module AR pak? jd biar bisa diperbaiki langsung tidak hrs nunggu dulu closing sampe akhir bln, saya kan suka tau ada discrepancy dr module GL oleh book keeper, kdg betulinnya lumayan lama hrs nyari2 dlu, jd cara mastiin ada discrepancy atau tidak dr sebelum nya bisa dilihat dr module AR / GL pak ?

    Dari sisi AR yang perlu diperhatikan agar tidak terjadinya discrepancy adalah pastikan selalu melakukan proses end of day setiap harinya, selanjutnya pastikan juga antara Aging Report dan Mutation Report memiliki angka yang sama. Hal ini merupakan parameter utama dari pengecekan discrepancy disisi module AR

  29. Izin bertanya lagi pak jika net today balance nya dri today mtd dan ytd nya tidak sama itu bagaimana ya ?


    Harus dicheck dari tanggal mulainya tidak sama antara Today, MTD, dan YTDnya. Kemungkinan bisa terjadi karena adanya category yang belum termapping, atau ada data yang belum terecalculate.

  30. Saya mau tanya artikel di master inventory itu pada saat di RR, apakah bisa diubah COA nya? karena tidak pas COAnya sesuai dengan settingan awal pd saat groupingnya. Tp ada beberapa yg tidak bisa diubah COA nya. Semisal barang tsb pada awalnya masuk asset, pembelian selanjutnya akan masuk expense, pd saat RR artikel tsb akan otomatis masuk asset sesuai dgn settingan awal. Apakah kita bisa ubah? bagaimana caranya?

    Bisa dirubah Chart of Accountnya berdasarkan Cost Center yang digunakan, apabila barang tersebut di Receiving menggunakan Cost Center Asset maka akan masuk journalnya ke asset. Apabila ada perubahan journalnya bisa dirubah penggunaan Cost Centernya yg awalnya ke asset namun bisa di arahkan ke Cost Center lain.

    Cara kedua bisa lakukan perubahan group of itemnya, karena dasar dari journalnya selain dari cost center adalah group of itemnya. Alangkah baiknya di non aktifkan yg lama, lalu buat baru dengan group of item yang benar.


    Settingan COAnya bisa di akses pada Cost Center > Pilih Cost Center (double klik) > Group Allocation. Disana settingan Chart of Accountnya.

  31. ijin bertanya lagi bapak, jika pada saat receiving sudah sesuai dengan type, tetapi kesalahan terjadi ketika proses export ke GL dan type nya berubah. apakah system error atau ada langkah yang terlewat ya pak?

    System tidak akan mengalami error, namun akan terjadi namanya discrepancy karena ada perbedaan antara Inventory dengan General Ledger. Apabila ada perubahan data journal pada masing-masing module, dan sudah terlanjur export to GL maka hal yang wajib dilakukan pada General Ledger yaitu lakukan recreate ulang agar transaksi yang berubah pada module bisa tercatat lagi dengan journal yang benar di General Ledger.

  32. Izin pak, jika net today balance nya tidak sama apakah akan berpengaruh terhadap report di GL nya

    Harus dipastikan selama Nominal Amount pada Register Audit dengan Net Today Balance di DRR sama, dan pada General Ledger juga sudah sama. Maka perbedaan Today, MTD, dan YTDnya Today Balance di DRR Income tidak jadi masalah. Selama semua sudah sama angkanya, hal ini tidak ada pengaruhnya terhadap GL.

  33. pak tolong ajari upload budget di sistem

    Untuk Input Budget pak bisa ke GL | Tools | Budget Entry, Lalu Klik kanan Copy to Clipbord | Paste di Excel lalu masukan Budgetnya, Jika sudah diinput Budget nya bisa klik kanan Import to Clipboard bada Budget Entry nya

  34. admin..beri tahu cara query jurnal 1 th sekali gus..terima kasih Feature ini bisa dicheck pada Report yang tersedia di module PowerGL dengan nama Detail Ledger Report, disana sesuaikan saja filternya sesuai kebutuhan dan tersedia tanggal start date and ending date.

  35. Ijin bertanya kembali pak, bagaiman cara menghilangkan negatif stok dan pada browse item tersebut sudah tidak muncul kembali pada modul inventory

    Hilangkan negative stock pada browse bisa dilakukan dengan cara Physical Adjustment, sesuaikan stocknya disana dan selisihnya akan berpengaruh secara standard ke bagian biaya/beban sesuai dengan cost centernya.

  36. Discrepancy suka keluar lagi di bulan sebelumnya, itu biasanya kenapa ya ? ada tips cara cepat cari discrepancy di modul GL - Import Transactions

    Biasanya untuk discrepancy yang bulan sebelumnya muncul terjadi pada modul PowerINV ada melakukan perubahan Group of Item dari Master Item, dimana dari master item yang diubah group itemnya sudah memiliki stock digudang, untuk mencegahnya pastikan tidak merubah group item pada master item yang ada stock onhandnya

  37. Worksheet GL di saya sepertinya belum tersedia. Mohon pencerahan nya

    Untuk Worksheet yang tidak muncul/belum tersedia di user ID kemungkinan User ID tersebut di batasi aksesnya/Tidak diberikan akses worksheet nya


    Untuk akses worksheet bisa di granted akses nya dari GL | Tools | User ID | Report | Financial Report Worksheet | Lalu Centang View Only sampai Export to File

  38. pak..gmn ya jika ada deposit gantungdi modul Ar tahun2 lama..terus ada terjadi cutoff di THN lama tsb..dan banknya juga bank lama..sampai saat ini depositnya ttp menggantung di modul Ar..apakah itu bisa di release at tidak?

    Deposit yang sudah lama menggantung agar bisa hilang balance yaitu dengan 2 cara. Cara pertama yaitu lakukan penggunaan deposit pada Invoice-invoice yang ada. Cara kedua yaitu lakukan adjustment pada deposit yang menggantung, dengan mengarahkan ke Chart of Account tertentu.

  39. Selamat malam pak...saya pernah melakukan penggantian COA , yang mana sumber postingan expenses dari bank book ... pada saat itu saya langsung melakukan penggantian saya by pass lewat detail COA ... apakah itu boleh tanpa saya mengganti lewat bank book ...terima kasih

    Untuk penggantian CoA kami sarankan langsung melalui modulenya ya Pak, apabila dalam case ini sumbernya adalah dari Bank Book maka kami sarankan untuk merubahnya lewat menu Bank dengan cara di Re-Open terlebih dahulu untuk Bank Booknya.

  40. Kenapa power tidak menyediakan Report CASH FLOW. Padahal report ini sangat penting buat perusahaan?

    Untuk Power Pro sudah menyediakan fitur Cash Flow Type, dan cash flow ini bisa kita buat langsung dari worksheet.

    Cash Flow Type bertujuan untuk mengklasifikasikan pengeluaran dan pemasukan dari AP, AR dan BB menjadi beberapa tipe sehingga bisa dibuatkan Report Cash Flow. Khusus AR Cash Flow Typenya akan mengikuti Customer Type.


    Untuk Mengaktifkannya:

    • PowerGL > Tools | Parameter Setup | Configuration | Activate Cash Flow Type.

    • Default Cash Flow Type bisa diisi dari menu Supplier entry.


    Setup Cash Flow Type:

    • PowerGL > File | Tables | Cash Flow Type (Jika masih kosong, maka sistem akan auto create).


    Menu Cash Flow Type:

    • Reconciliation: Payable, Deposit Payable.

    • Bank Book Journal Entry.

    • Check Disburstment.

  41. Bagaimana cara menambah cost center di power logistic dan mappingannya?

    Untuk menambahkan Cost Center baru di Power Logistic bisa ke File | Cost Center | New | Lalu sesuaikan Code, Name, Short Name, Type, Department dan G/L Interface nya. Jika sudah bisa di mapping di Group Item Allocation nya

  42. Malam Pak, pak kalau kelewat depre asset sebln gimana pak solusinya ? tanpa harus mundurin bulan , soalny kalau mundur bulan takut ada angka p&l yg gerak .

    Pastikan Asset Depresiasinya di release saja pada bulan sebelumnya, namun tak perlu recreate journalnya agar tidak berpengaruh pada P&L. Setelah release depresiasinya dibulan sebelumnya sudah dilakukan, maka journal depresiasi yg terlewat tersebut bisa dilakukan journal manual pada bulan selanjutnya.

  43. Untuk di GL Modul, saldo bank book sudah sesuai dengan di RK tetapi saldo di BS berbeda, bagaimana penyelesaian nya?

    Selisih ini harus dicheck dari awal pertama kalinya perbedaan terjadi, perlu dicheck secara detail transaksi yang ada di ledger. Perbedaan ini bisa terjadi karena adanya journal manual/journal memorial (JV) ke Chart of Account Bank tersebut. Agar bisa balance antara bank module dengan balance sheet wajib ada journal balik secara manual melalui module Entry.

  44. Saat melakukan proses night audit, apakah perlu melakukan proses rebuild inventory

    Fungsi Rebuild Inventory sendiri berfungsi untuk recalculate Room Inventory nya,

    dan Pada saat Proses Night Audit / Running kami menyarankan Ibu untuk tetap melakukan pengecekan pada feature ""Rebuild Inventory"" secara berkala ya bu

  45. Sy via Dari Zest bogor.. tampilan yang dipresentasikan menggunakan sistem cloud terbaru sedangkan yang kami gunakan Masih dengan versi lama. apa kami bs free upgrade utk sistem barunya ☺️

    Untuk informasi terkait upgrade to cloud, silahkan menghubungi Tim Marketing kami:


    Denny Tan

    Telp: +62 811 8071 599

    Whatsapp: https://wa.me/628118071599

    Email: denny@powerpro.id

    Office Jakarta :

    Jln. Gading Kirana Utara, Blok F10/20, Ruko Gading Kirana

    Jakarta Utara, DKI 14240

    Telp: +62 21 450 7017 (hunting)

  46. bisakan report pnl kita ganti sourcenya...

    atau ada akun yg sourcenya tidak ada dan kita masukan..gmn caranya..terima kasih

    Untuk Mapping Source pada Worksheet PnL bisa lakukan step di bawah ini ;


    - Klik kanan pada kolom yang ingin kita mapping Source nya

    - Lalu klik Rows Source atau Cell Source

    (Bisa di sesuaikan dengan Source diatasnya)

    - Setelah itu masukan COA / Account yang ingin di mapping ke kolom tersebut

    - Load ulang Worksheet nya

  47. di worksheet terkadang ada kendala saat diload ada beberapa account yg angkanya tdk berubah atau kadang tdk sesuai, itu kenapa yah?

    Untuk memastikan formula atau source yang ada pada Worksheet Bapak / Ibu sudah sesuai, kami menyarankan untuk selalu menggunakan feature Source Checker yang berfungsi untuk validasi pengecekan terhadap account" yang ter mapping ke Worksheet tersebut. Feature tersebut bisa di akses melalui module GL | Worksheet | Buka Worksheet yang akan dicek | Lalu klik button Source Checker.

  48. Saya dari Maxone Harapan Indah, bagaimana caranya utk menampilkan worksheet Income Statement dalam Excel bisa di sajikan per sheet misal : sheet utk HK,FO,A&G

    Bisa dengan cara membuka semua Worksheet yang akan di export, lalu klik klik Worksheet - export to excel

  49. untuk kartu stok atau Bin Card apakah sorting bisa sesuai tanggal bukan berdasarkan index numbertransaction, karena kalau kita release SR kadang sisa stok nya kurang sesuai

    Untuk tampilan Bin Card yang ingin di modify kami bisa mengakomodirnya pada menu Report. silahkan menghubungi team support kami terkait dengan request tersebut.


  50. pak apakah bisa check discrepancy AR sebelum closing sampai akhir bulan?

    Untuk pengecekan discrepancy AR dapat dilakukan tanpa menunggu akhir bulan ya Bu.


    Pastikan selalu melakukan proses End of Day pada module AR agar data yang diproses dapat terkirim ke module GL dan bisa dicek selisihnya tanpa harus menunggu akhir bulan.

  51. kl ada postingan bank interest via GL kan masuk revenue, lha kan akan tdk sama dgn income yg di FO, dan ini menjadi pertanyaan dari dinas pajak

    Postingan Bank Interest via GL harus diperhatikan Account yang digunakan untuk pencatatan pendapatan bunga tersebut. Dan bunga adalah revenue diluar operational, yang di catat sebagai pendapatan bunga bank yang Chart of Accountnya diposisi biaya atau pendapatan diluar operational.

  52. malam, mau bertanya kenapa Income Statement Room Division berbeda? seperti Guest Supplies di HK ada tapi jika di gabung dgn Room Division tdk ada

    Untuk cek mapping layout worksheet dalam hal ini Income Statement Room division, bisa dilakukan : Klik kanan pada baris yang tidak sesuai> Pilih Row Sources > Kemudian cek bagian COA yang ter-mapping apakah isi COA nya ada yang berbeda antara Room Division & HK, jika sudah bisa ditambahkan COA yang tidak ada.

  53. pada saat recalculate office check atau house use pada module inventory, sebaiknya biaya tersebut menggunakan issuing per menu atau menggunakan % cost

    Untuk perhitungan % cost OC yang akan dihitung nilai modalnya, Power Pro menyediakan 2 konsep:

    1. Berdasarkan nilai % manual at cost.

    Activities | House Use Jurnal | Import | Input Cosf Of (Food, Beverage & Other)

    2. Menggunakan konsep recipe, jadi nilai cost yang timbul aktual dari pembelian barang terakhir.

    Recipe | Outlet Menu | Edit Mode | Export Cost | Export Last Cost

  54. Saya mau bertanya tentang fixed asset list. Bagaimana agar fixed asset yang tidak dari receiving bisa masuk kedalam fixed asset di GL. Terima kasih

    Apabila pembelian Fixed Asset tidak diinput melalui Receiving, maka Bapak / Ibu bisa melakukan input langsung Fixed Asset pada module Power GL | Assets | Fixed Assets | New Assets. Perlu diketahui pada saat Bapak / Ibu membuat Asset manual melalui feature Fixed Asset maka journal yang terbentuk adalah Fixed Asset yang dipilih (Debit) pada Fixed Asset Transient (Kredit), sehingga apabila Bapak / Ibu melakukan pembelian asset melalui module Bank Book atau AP Voucher manual wajib menggunakan CoA Fixed Asset Transient tadi sebagai jurnal awalnya agar tidak terjadi discrepancy karena kesalahan CoA.

  55. selamat malm saya ingin menanyakan, untuk module inventory apakah bisa menampilkan jumlah pembelian fendor sesuai receiving baik jumlah item yang di receiving maupun kedatangannya? serta di jumlah untuk perbulannya. terima kasih

    Bisa dicheck pada Receiving Report, disana laporan berisi tentang datangnya barang dan informasi seperti jumlah item, tanggal kedatangan, detail itemnya, maupun sampai ke detail transaksinya seperti discount, tax dll ada disana. Report ini bisa dicheck pada Report di module Inventory.

  56. untuk import budget berarti harus ada template nya ya pak,terima kasih?

    Betul, untuk mendapatkan template tersebut Bapak / Ibu bisa dapatkan formatnya melalui module Power GL | Tools | Budget Entry | Klik kanan - Pilih Copy to Clipboard.

  57. Yang di tampilkan tadi sistem cloud atau sistem terbaru, sedangkan beberapa hotel kami sistem masih jadul atau sistem destop apakah sama modul2 yg tersedia?

    Untuk versi Cloud dan Desktop hampir sama pak Hanya tampilannya yang berbeda dan ada beberapa fitur yang dimiliki oleh Cloud namun tidak ada di Desktop nya

  58. Bapak.. kenapa kalau kita input manual di card AR tidak bisa saya tarik di card batch

    Pastikan CARD yang sudah di input sudah direlease pada bagian pengarahan chart of account, apabila masih OPEN tidak bisa di tarik pada Card Batch. Pastikan juga untuk Card Batchnya dibagian banknya sudah sesuai dengan CARD manualnya.

  59. untuk worksheet PNL save bindernya gmn ya cara savenya..kadang ketika disave trus kitabuka binder yg bulan lalu isinya worksheet bulan ini..misal kita mau save binder bln Desember..kita pasti buka BLN nop dan diload ulang ambil Desember..ketika Des disave..binder yg September ngikut isi worksheet nya desember

    Binder berfungsi untuk menggabungkan beberapa worksheet menjadi satu, nantinya untuk isi data tergantung dari bulan yang dipilih saat load worksheet tersebut, jadi tidak perlu membuat Binder per bulan. Untuk step membuat Binder adalah buka module GL | Worksheet | Pilih beberapa worksheet yang akan dijadikan 1, lalu Open | Klik Binder | Save Binder | Lalu isi nama & foldernya | Save.

  60. bisa dijelaskan bagaimana cara custom Report Cash Flow di Worksheet?

    Sebelumnya harus aktifkan fitur cash flow type:


    Cash Flow Type bertujuan untuk mengklasifikasikan pengeluaran dan pemasukan dari AP, AR dan BB menjadi beberapa tipe sehingga bisa dibuatkan Report Cash Flow. Khusus AR Cash Flow Typenya akan mengikuti Customer Type.


    Untuk Mengaktifkannya:


    • PowerGL > Tools | Parameter Setup | Configuration | Activate Cash Flow Type.


    • Default Cash Flow Type bisa diisi dari menu Supplier entry.


    Worksheet Cash Flow Function:


    • WorkSheet | New | Cash Flow | Source :


    Penjelasan:


    Select by Cash Flow Type: Select seluruh transaksi di Bank Book sesuai kriteria Cash Flow Type yang kita pilih (bisa multiple selection dengan mencentang box code di box bawah).


    Cash Received (A/R) filtered by Account Source: Select transaksi Bank Book source AR yang sesuai dengan Account yang sudah dimapping di Row Source.


    Bank Book Cash IN filtered by Account Source: Select transaksi (IN) jurnal Bank Book sesuai dengan Account yang sudah dimapping di Row Source.


    Bank Book Cash Out filtered by Account Source: Select transaksi (Out) jurnal Bank Book sesuai dengan Account yang sudah dimapping di Row Source.


  61. Pak Saya pindah dana dari bank A ke Bank B, waktu jurnal di BB dari Bank A diarahkan Ke COA Bank B secara GL saldo Bank B sudah benar, Tapi kenapa di BB bank B tidak sama dengan GL?

    Untuk pemindahan dana dari Bank A ke Bank B, Bapak / Ibu bisa menggunakan brigde account seperti Bank Transfer Clearance ya. Untuk contohnya adalah, masuk ke Bank A lalu input transaksinya menggunakan bridge account di Debit sebagai dana keluar, lalu masuk ke Bank B dan input transaksinya menggunakan bridge account yang sama seperti di Bank A dan di input di posisi Kredit sebagai dana masuk.

  62. mohon dibantu apakah di power fo bisa membuat dummy folio untuk posting revenue other untuk acomodir tamu yang tidak stay

    Untuk dummy/house folio sudah tersedia, dipergunakan untuk transaksi non stay guest.


    PowerFO | Reservation | House | New, Lengkapi Data > Save


  63. Halo selamat malam..maaf sy mau tanya untuk hal basic. Bagian modul atau bagian apa yg harus saya klik untuk melihat history sebuah COA tertentu dari awal opening balance smp periode terakhir?

    Untuk melakukan pengecekan history pada account tertentu, Bapak/ Ibu bisa menggunakan feature Ledger yang ada pada module Power GL dengan cara klik Ledger | Pilih Accountnya | Double klik account tersebut | Double klik bulan yang ingin dicek. Bisa juga menggunakan report yang sudah tersedia pada module GL dengan nama Detail Ledger Report.

  64. pak mw tny kenapa setelah end month proses dibulan berikut ya ketika mw load report baru di bulan berjalan,misal skrg mw close di bulan 10 pd saat mw load kan seharusnya munculnya bulan 9 tapi munculnya Masih bulan 4 sehingga hrs geser bulan yg cukup jauh utk sampe ke bulan 10. it knp ya

    Perlu diketahui bahwa system yang sudah di closing ke periode selanjutnya tidak bisa mundur kembali secara otomatis, kecuali kalau di lakukan proses back date oleh user lain. Pastikan Bapak / Ibu berkoordinasi dengan IT untuk melakukan pengecekan terhadap user" yang memiliki akses back date di system agar bisa di filter dan aksesnya hanya tersedia pada top level saja.

  65. Klo kita melakukan journal balik berarti akan ada selisih dengan saldo di RK, setelah saldo Bank Book kami sudah balance. Sedangkan saldo yang di GL di pindahkan ke BS selisih. Mohon penjelasan nya lebih lanjut. Terima kasih pak.

    Journal Manual/Journal Memorial (JV) tidak mempengaruhi Module Bank jadi hanya berpengaruh pada Balance Sheetnya saja. Jadi journal penyesuaian ini hanay focus angka pada balance sheet dan tidak mengganggu angka pada Bank Book Module.

  66. Apakah bisa melihat data" closingan dari tahun" yg lalu, meskipun hotelnya sempat tdk aktif setelahnya..?

    Data closing sebelumnya masih bisa dilihat karena tetap tersimpan didatabase Power Pro. Bisa dicheck pada Trial Balance di bulan sebelum-sebelumnya.

  67. untuk penginputan pembelian aset apakah yg menggunakan sistem cloud bisa lgsg dicatat dari power inv?coanya diarahkan ke aset...selama ini tidak bisa Krn harus dijurnal manual ke cross aset di GL..jikalau diakui lgsg dari power inv pada saat closing lgsg otomatis dicatat otomatis di akun aset di GL..tanpa harus jurnal entry....kalau power pro model windows yg bukan cloud bisa dilakukan..namun di cloud apakah bisa disamakan?

    Untuk standar pembelian Fixed Asset di system Power Pro adalah dengan menggunakan cost center dengan code FA - Fixed Asset pada saat proses receiving. Nantinya Fixed Asset yang telah di receiving menggunakan cost center FA tadi bisa diimport melalui module GL | Assets | Fixed Assets | Klik kanan - Pilih Import from Receiving. Nantinya asset" yang telah dibeli akan muncul disana, dan bisa di pilih untuk selanjutnya dilakukan Import dari button yang sudah tersedia. Baru setelah itu asset akan otomatis muncul di daftar fixed asset, selanjutnya cukup melakukan perubahan seperti type asset, method, age dll.

  68. Bagaimana cara mencari selisih AP di GL

    Selisih AP vs GL bisa dilakukan dengan cara Check Jumlah Mutasi dari AP bandingkan dengan Mutasi berdasarkan Source pada Chart of Account di General Ledger. ex : Chart of Account A/P Trade bisa ditracing berdasarkan source seperti dari receiving nanti bandingkan dengan mutasi di program AP pada kolom New Voucher, Source Cash pada general ledger di A/P Trade bisa dibandingkan dengan Cash Receipt dan selanjutnya.

  69. jika untuk jumlah global yang dibawa stiap vendornya apakah bisa? seperti contoh misalkan vendor A, membawa item apel apakah terlihat jumlah total item apel yang dibawa oleh vendor A

    Bisa ditracing dengan cara open Master Itemnya lalu lihat dari breakdown last purchase maka akan muncul listing pembelian Apel tersebut dan bisa di sortir berdasarkan suppliernya. Maka terlihat nanti jumlah receiving apel tersebut di Vendor yang difilter.

  70. Bagaimana pengecekan Nilai Fix Asset di GL dan nilai depreciation dengan data asset di modul power pro sudah sesuai

    Untuk pengecekan Fixed Asset dapat melalui feature di module GL | Import | Discrepancy | Fixed Asset. Nantinya pada folder tersebut akan memunculkan data Ledger Fixed Asset vs data Fixed Asset Module yang terdaftar di system berikut dengan Accumulation & Depresiasinya.



Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page