top of page
Testimonial Profile Photo

Prabowo Turwiyono

VP Revenue Management and Distribution Channels – Inna Hotel Group

Dari sisi Revenue Management sebenarnya kita lebih mengacu pada

1. Selling Right product

2. To the Right customer

3. At the Right time

4. For the Right price

5. Through the Right channel.

 

Sebenarnya analisa menaikkan atau menurunkan harga harus dilihat dari banyak aspek serta karakteristik dari hotelnya.

 

City hotel punya pick up/booking lead time trend yang berbeda dibandingkan dengan resort atau leisure hotel.

 

Kemudian dari market segment, source of business, nationality, company, room type semua data ini bisa dianalisa bagaimana trend dari masing-masing segment tersebut dan dipakai acuan untuk menaikkan atau menurunkan harga.

 

Jadi dalam hal ini kenaikan harga sebaiknya tidak across the board dengan menaikkan atau menurunkan harga induk (BAR) tetapi lebih di breakdown lagi untuk mengoptimalkan revenue dari masing2 segment.


Di Power Pro sendiri sudah ada – Reservation Analysis yang bisa dipakai untuk identify trend dari masing2 segment kemudian dibuatkan legend formula nya sehingga harga dari masing2 rate segment akan mengikuti berdasarkan trend nya masing masing.

 

Pendistribusian harga ke OTA tetap akan melalui Channel Manager, hanya saja semua rate segment harus di mapping.

 

Kalau sekarang hanya BAR yang ter-mapping sehingga harga promo hanya bisa dinaik turunkan di ekstranet masing2 dengan menaikkan dan menurunkan discount.

bottom of page